Visi, Misi, Motto dan Tujuan



VISI
Sebagai lembaga pendidikan kader yang Robbani, berwawasan keilmuan, berdaya saing, ber-tafaqquh fiddin dan ber-akhlakul karimah.
MISI

  1. menyelenggarakan serta mengembangkan pendidikan dan pengajaran komprehensif yang mengintegrasikan sains religius (Al ‘Ulum An-Naqliyah) dan sains rasional (Al ‘Ulum Al-‘Aqliyah).
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan model-model pembinaan dan pengaderan serta aktivitas dakwah Islamiyah.
  3. Menyelenggarakan dan mencerahkan pendidikan khusus kepesantrenan dalam penguasaan Al-‘Ulum An-Naqliyah melalui pendidikan bahasa arab, bahtsul kutub, dan pengkajian kitab-kitab klasik (kitab-kitab kuning).
  4. Membudayakan santri dalam kegiatan olahrasa, olahrasio, dan olahraga serta uji prestasi liannya melalui kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler.
  5. Menjalin dan mengembangkan hubungan serta kerja sama kelembagaan dengan berbagai pihak terkait, selama tidak bertentangan dengan pihak dan asas negara.

MOTO

“BERAMAL ILMIYAH, BERILMU AMALIYAH, DAN BERAKHLAKUL KARIMAH”

TUJUANTujuan Ideal, yaitu tujuan yang harus dicapai Pondok Pesantren Nurul Islam Jabontegal Pungging Mojokerto sesuai dengan cita-cita didirikannya emlalui program pbdidikan 10 tahu, yaitu : tiga tahun pertama (tingkat Tsanawiyah/SMP) tiga tahun kedua (tingkat Aliyah/SMA) empat tahun ketiga (tingkat Takhashshush/PT).

  • Tujuan Ideal Pondok Pesantren Nurul Islam secara umum ialah untuk memenuhu kebetuhan Umat Islam terhadap kader dakwah yang mampu melakukan Amar Ma’ruf Nahi Munkar sesuai dengan bidangnya.
  • Tujuan Ideal Pondok Pesantren Nurul Islam secara khusus ialah :

1. Mencetak kader/Generasi Islam yang menguasai Sains dan Tekhnologi sehingga mampu berkiprah     dibidangnya masing-masing secara maksimal dan menjadi pelopor untuk kemajuan Umat Islam,         Bangsa, dan Negara.
2. Mencetak kader.calon Ulama’ yang kelak mampu dan sanggup

  • Menyelidiki/memahami Al Qur’an As Sunnah dan Ijma’ – Qiyas menurut kaidah-kaidahnya
  • Mengambil/menentukan hukum-hukum islam yang setepat-tepatnya dan sebenar-benarnya
  • Memilih/menetapkan hukum yang paling rajih di antara hukum-hukum yang ada dan berkembang
  • Berfungsi sebagai motivator dan Inisiator Gerakan Islam, Gerakan Dakwah, dan Gerakan Tajdid,

Comments are closed.