Sekilas Tentang Pesantren Nurul Islam


NURUL ISLAM (NURIS) Islamic Boarding School  Dusun Guwo Desa Jabontegal Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto Provinsi Jawa Timur diasuh oleh Dr. K.H. Ahmad Siddiq, S.E.,M.M. NURIS didirikan pada tahun 2010 tepatnya pada tanggal 24 Februari dan pada saat itu memulai kiprah perjuangan dakwa di dunia Pendidikan Agama  dengan merintis 3 lembaga pendidikan yaitu Madrasah Diniyah (Madin) Nurul Islam, Madrasah Aliyah (MA) Nurul Islam dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Islam.

Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan zaman, memasuki tahun ke 9 Yayasan Pondok Pesantren Nurul Islam Pungging Mojokerto (YPP NIPM) berdiri, pada tahun 2019 telah memiliki 9 lembaga yaitu SMK Unggulan berbasis pesantren (SMK UBP), Madrash Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA), Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustho (MDTW), Madrasah Al Qur’an (MQ), Taman Pendidikan Al qur’an (TPQ) dan dirintis berdirinya Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) serta Pondok Pesantren.

Meskipun baru menapaki tahun ke 9 Yayasan Pondok Pesantren Nurul Islam telah mengasuh sebanyak lebih dari 2000 santri dan 113 Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Tahun 2019 MA Nurul Islam meraih prestasi sebagai Madrasah dengan Nilai Rata-rata terbaik ke 14 UAMBN-BK antar MA Negeri/Swasta se Indonesia dan Siswa dengan Nilai UAN-BK tertinggi ke 3 se Provinsi JATIM pada Jurusan IPS. Di Tahun 2019  pula MTs Nurul Islam meraih prestasi sebagai Madrasah dengan Nilai Rata-rata terbaik ke 26 UAMBN-BK antar MTs Negeri/Swasta se Indonesia.

Dr. KH. Ahmad Siddiq, S.E., M.M. pendiri Yayasan Pondok Pesantren Nurul Isalm Pungging Mojokerto, mengambil pola pembentukan karakter santri dengan menggabungkan ranah metoda salafiyah yang khas dengan materi kurikulum pendidikan nasional yang unggul. Dengan begitu Yayasan Pondok Pesantren Nurul Islam tidak hanya sebagai lembaga pendidikan semata, melainkan lembaga kepelatihan, lembaga keilmuan, lembaga bimbingan keagamaan, lembaga pemberdayaan masyarakat dan pada gilirannya menjadi simpul budaya.

Untuk mewujudkan harapan mulia tersebut, pembelajaran di Yayasan Pondok Pesantren Nurul Islam Pungging Mojokerto dikelola dengan manajemen professional dengan melibatkan 102 Guru/Asatidz yang kompeten dibidangnya (lulusan perguruan tinggi-pesantren ternama di Indonesaia maupun luar negeri dan berkualifikasi S1, S2 dan S3).

  Yayasan PP. Nurul Islam optimis bahwa NURIS kedepan akan semakin maju dan menghasilkan kader yang berwawasan global, berfikiran Intelektual dan berakhlakul karimah yang mampu menjadi agen perubahan dan pemimpin ditengah kehidupan social masyarakat yang heterogen. Amin….


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *