Gerakan Memberi Nama Pakaian untuk Menunjang Program Anti Gombal Kelimbruan



Pesantren adalah tempat belajar berbagai macam disiplin ilmu. Mulai dari ilmu agama, ilmu formal, ilmu social, maupun ilmu perekonimian akan bisa di dapatkan dari pesantren. Tetapi dalam satu hadis, nabi Muhammad SAW bersabda

العلم نور ونور الله لا يهدى الى المعاصى

“ilmu itu cahaya, dan cahaya tidak akan datang pada tempat yang kotor” hadis ini mengisyaratkan bahwa kala kita mencari ilmu hal yang harus diperhatikan adalah kebersihan diri dan kesucian hati.

Di segelintir pesantren kebersihan lingkungan tidak dapat terjamin sepenuhnya. Mungkin, dikarenakan kurangnya kepedulian santri terhadap lingkungan pesantren. Akhirnya lingkungan pesantren pun tidak terjaga kebersihan dan kenyamanannya.

Salah satu peristiwa yang menunjukkan kebersihan lingkungan pesantren yang tidak terjaga adalah banyaknya pakaian yang ngelimbruk (berserakan, red) di jemuran dan kamar mandi. Hal ini disebabkan karena ketidakpedulian santri dalam ngopeni (menjaga,red) pakaiannya—yang awalnya dijemur lalu jatuh dan tidak segera diambil. Akhirnya, pakaian itu terkumpul di suatu titik tertentu sehingga menjadi gunungan pakaian kotor.

Meskipun demikian, setiap pesantren pasti mempunyai kiat tersendiri untuk mengatasi problem tersebut. Di Nurul Islam problematika ini dapat diatasi dengan cermat oleh santri seniornya yakni dengan mengambil dan mencari pemilik dari pakaian tersebut. Untuk mempermudah kiat tersebut, mereka juga membuat sebuah Gerakan yakni “Gerakan memberi nama pakaian” dimana Gerakan ini bertujuan untuk mempermudah mendeteksi pemilik pakaian santri.

Selain itu, Gerakan memberi nama pakaian bertujuan untuk menunjang Program anti gombal kelimbruan (program untuk mencari pakaian yang berserakan,red) ini dilakukan secara berkala setiap satu minggu sekali, yakni tepat pada ahad pagi. Lebih dari itu setiap tanggal libur nasional juga dilakukukan hal serupa. Hal ini dilakukan dengan tujuan meminimalisir tingkat ghosob dan kehilangan pakaian serta mengejahwantahkan hadist النظافة من الإيمان  (kebersihan sebagian dari iman) dan hadist yang telah disebutkan sebelumnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *